Super Junior: ‘We Want to Be Longest-Running Idol Group Ever’

Kapanpun nama idola SUper Junior dosebut, sebuah grup “Yeneung-Idol” (sebuah grup yang menunjukkan bakat mereka yang luar biasa di dunia hiburan) yang selalu diikuti. Setiap anggota Super Junior secara aktif berpartisipasi di berbagai program acara hiburan, TV dramas, dan musicals, tapi, di waktu yang sama, mereka gagal untuk meningkatkan citra mereka sebagai penyanyi.

Tapi, secara mengejutka, album ketiga mereka yang berjudul “Sorry, Sorry” terjual lebih dari 250,000 kopi tahun lalu, dan mereka berada di puncak penjualan albumnya. Sekarang, album ke-4 mereka yang baru rilis, dengan judul “Bonamana,” album ini juga sudah terjual 200,000 kopi dalam pemesanan pertama, dan total penjualan dalam waktu seminggu saja mencapai 100,000 kopi.

Super Junior berbeda dari idola grup lainnya yang merilis mini album dan mendapatkan keuntungan dari pasar digital music. Di wawancara terbaru dengan anggota Super Junior, 9 dari 13 orang datang ke wawancara ini yang diadakan di Apgujeong-dong.

Satu anggotanya, Kang In, yang terlibat dalam kasus penyerangan dan mengemudi sambil mabuk tahun lalu, dan sekarang dia berencana untuk masuk ke tentara. Anggota asal China, Han Kyung, yang sedang terlibat kasus hukum dengan agensinya, SM Entertainment, mengenai kontrak eksklusifnya. Anggota yang lainnya, Ki Bum, tidak bisa berpartisipasi di kegiatan album ke-4 ini karena dia masih sibuk dengan kegiatan beraktingnya. Dan juga Choi Siwon yang tidak bisa datang ke wawancara ini karena dia sedang menjalani sebuah operasi untuk menghilangkan infeksi kelenjar air liurnya.

Karena masih ada banyaknya anggota Super Junior, mereka tidak bisa hidup damai tahun lali, dan harus menghadapi waktu yang sulit karena ada beberapa faktor dan rumor yang beredar. Selama wawancara, mereka banyak memberikan perasaan mereka tentang apa yang telah terjadi dan bilang bahwa ambisi mereka saat ini adalah melanjutkan kegiatan mereka sampai mereka berumur 40-50 tahun dan bisa membawakan sebuah acara “Super Junior Show” suatu hari.

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban dengan para anggota Super Junior.  

[I] Interviewer : Kalian pasti mengalami banyak stress karena adanya masalah dari personal member yang lainnya.

▲ Lee Teuk: Itu sangat sulit bagiku ketika harus tersenyum bahkan ketika di situasi yang mengharuskan aku tampil di suatu program acara. Secara khusus, aku sebenarnya terkejut ketika aku tahu bahwa Han Kyung mengajukan tuntutan hukum. Tapi karena kami membiarkannya tempatnya tetap kosong, aku ingin tetap dia kembali kapan saja. Kang In juga tidak bisa ikut berpartisipasi di kegiatan kita sekarang-sekarang ini, dan dia juga selalu memberikan nasihat kepada kami setelah melihat penampilan kami di panggung. Aku akan tetap menjadi kebersamaan “Super Junior” sampai member-member yang lain bisa bergabung kembali.

▲ Hee Chul: Aku dalam keadaan panik ketika teman baikku Han Kyung pergi ke China. Aku hampir berpikiran untuk keluar dari grup karena aku terlalu depresi. Aku mulai menjadi lebih terkenal ketika aku memulai akting, bukan ketika sebagai anggota Super Junior, dan aku tidak pandai bernyanyi seperti anggota lainnya seperti Yesung, Kyu Hyun, dan Ryeo Wook, dan juga tidak bagus menari seperti Donghae dan Eun Hyuk. Tapi, para member yang biasanya selalu bertengkar denganku melindungiku dan membantu dalam berbagai cara. Faktanya adalah bahwa kami semua bersama denganku tiba-tiba menjadi sebuah bantuan yang sangat hebat dan menjadi sumber pengertian untukku. Khususnya, Eunhyuk yang membantuku mengubah pikiranku. Aku berterimakasih padanya,  aku telah tergoda untuk melakukan aktivitas untuk album baru kami untuk pertama kalinya. Aku ingin kembali ke waktu dimana kami merilis album pertama kami dan akan memberikan usahaku yang paling terbaik di aktivitas tersebut.

[I] : Meskipun banyak faktor yang tidak menguntungkan, album penjualan kalian, khususnya penjualan album anda yang ketiga dan keempat, sangatlah luar biasa. Apakah ini berarti bahwa jumlah fans Anda meningkat?

▲ Lee Teuk: Aku sangat terkejut karena orang-orang membeli album ke-4 kami dengan sangat baik. Banyak hal yang buruk dan baik ketika kami muncul di program hiburan. Kami mungkin saja kehilangan imej sebagai penyanyi, tapi di saat yang sama, aku pikir kita bisa memperkenalkan diri kami sendiri ke depan publik. Dan juga, di samping kami, masih banyak para entertainer yang menyanyikan “Sorry,Sorry” di berbagai program acara.

▲ Hee Chul: Ketika para anggota idola muncul di program hiburan, sangat mudah untuk mereka untuk menargetkan fans yang masih muda, tapi biasanya penonton yang sudah berumur menyukai mereka juga. Aku rasa tampil di acara hiburan adalah seperti dua pasang mata pedang.

[I]: Judul lagu album ke-4 kalian adalah “Bonamama” sepertinya hampir sama dengan lagu hit kalian yang sebelumnya “Sorry, Sorry.” Apakah kalian merasa bahwa gaya musik seperti itu sudah muncul untuk Super Junior?

▲ Lee Teuk: Ketika kami mendengarkan lagunya untuk pertama kalinya, kami juga merasa bahwa lagunya hampir sama dengan “Sorry, Sorry”. Sangat wajar bahwa orang-orang mulai membandingkan kedua lagu tersebut. Kami menamainya “SJ (Super Junior) Funky” untuk lagunya dimana adalah sebuah kombinasi tarian dan suara elektronik, dan akan mengingatkan orang-orang dengan Super Junior. Aku juga memberikan evaluasi sebanyak lima bintang di website musiknya.

[I] : Tapi, terkecuali dengan judul albumnya, aku bisa menemukan beberapa melodi yang simpel di beberapa lagu, dimana untuk menyanyikannya membutuhkan keahlian menyanyi yang luar biasa.

▲ Lee Teuk: Di tahun 2007, ketika salah satu sub grup dari Super Junior “Super Junior K.R.Y.” berencana untuk merilis album, Kyu Hyun mengalami kecelakaan mobil, dan masih banyak lagu yang bagus yang tidak bisa dimasukan di album tersebut pada waktu itu. Dan sebenarnya lagu-lagu tersebut telah muncul bersama dengan album terbau ini. Jadi, bagian dari lagu yang memerlukan keahlian menyanyi telah meningkat. Contohnya, ketika aku mendengarkan lagu solo dari anggota yang muda, Ryeowook, yang berjudul “Spring Day” ketika aku sedang menyetir, aku hampir ingin menangis mendengarnya.

[I] : Apakah kalian berpikir bahwa kalian memiliki minat lebih dalam bermusik dibandingkan dengan masa lalu, karena kalian telah merilis empat album?

▲ Lee Teuk: Waktu debut, kami hanya fokus bagaimana merekam lagu-lagunya. Tapi, sekarang ini, kami lebih memperlihatkan pendapat kami ketika kami sedang mengaransemen lagunya, bilang, “Bagaimana jika kita mencoba bagian ini dengan cara seperti ini?”. Di album ini,  sudah termasuk lagu solo dari RyeoWook, dan untuk album repackaged dari album ke-4 ni, yang dimana sebentar lagi akan rilis, banyak lagu yang dibuat oleh anggota yang lainnya. Aku rasa kali ini member kami akan menunjukkan keahlian kami dalam bermusik.

[I] :Biasanya, harapan hidup dari sebuah grup idola dianggap berkisar antara tiga sampai lima tahun. Super Junior debutnya pada tahun 2005, apakah itu berarti bahwa Super Junior sudah mencapai umur nya?

▲ Lee Teuk: Kamu sangat benar. aku bisa membayangkan bagaimana oarng-orang akan melihat kami dengan pandangan yang sama dimana aku melihatnya di penyanyi bintang senior, H.O.T dan Shin Hwa, yang sudah merilis album ke-4 dan ke-5 ketika masih sebagai calon penyanyi. Terkadang, aku merasa, “Apakah kita harus berhenti tampil sebagai Super Junior?” Tapi, kali ini, kami bukan hanya tampil di Korea, tapi juga juga di beberapa negara Asia lainnya, jadi 4 atau  5 tahun tidak akan cukup. Kami menjadi populer setelah waktu-waktu yang penting sudah terlewati, jadi aku rasa artinya bahwa kita masih bisa sampai lama lagi.

▲ Hee Chul: Aku dan Lee Teuk berumur 28 tahun sekarang. Aku tahu ada banyak junior yang lucu-lucu dan masih fresh sebagai seorang penyanyi yang masih muda. Tapi aku ingin tetap masih bisa berumur panjang untuk tampil di berbagai acara, dan di saat yang sama, aku ingin tetap tampil kapanpun kita merilis album. Aku suka tampil di atas panggung karena itu sangat menyenangkan.

[I] : Bagaimana pendapat kalian tentang sebuah grup idola?

▲ Lee Teuk: Aku pikir terkadang agak berlebihan. Orang-orang bilang bahwa industri periklanan, drama, musik, dikuasai oleh para idola, tapi sebenarnya  tidak ada banyak program dengan lebih dari peringkat sepuluh persen diantara program-program yang dimana para idola suka muncul. “Idola” artinya target untuk membuat takjub. Sebenarnya, banyak penyanyi doyenne senior seperti  Cho Yong Phil, Na Hoon A, grup Fire Truck, Park Nam Jeong, dan Seo Taiji dan Boys dulunya menjadi idola di masa mereka. Seiring berjalannya waktu, orang-orang cenderung mengingat mereka bahwa mereka bukalah seorang idola. Selama itu, banyak idola yang dikagumi banyak orang. Kata-kata “Idola” adalah lebih banyak fokus dan bertahan dibanding hari-hari sebelumnya. Sebagai seorang anggota dari sebuah idola grup, aku merasa menyesal dengan orang-orang yang tidak mempunyai rasa ketertarikan dengan musik, tapi melihat faktor lainnya dari idola tersebut.

▲ Hee Chul: Kami ingin melepas citra diri sebagai idola grup di program hiburan. Ketika Shin Dong memasang kumis palsu dan berpakaian seperti sebuah komik, dia tidak terlihat sebagai seorang anggota dari grup idola, dan bahkan aku bangga padanya. Kapanpun, Lee Teuk, Eun Hyuk, dan Shin Dong muncul diSBS TV’s “Strong Heart,” mereka brainstorming ide-ide mereka seperti seorang komedian. Tapi kadang-kadang aku  merasa tidak enak ketika aku mengetahui bahwa orang-orang menganggap kami sebagai penghibur sementara dan mengkritik kita daripada mendukung usaha kita di panggung sebagai seorang penyanyi dan pada program hiburan.

[I] : Sekarang ini, ketika kalian sudah merilis album ke-4, apakah ada saat dimana kalian merasa ingin membebaskan diri kalian dari sebuah idola grup?

▲ Lee Teuk: Ketika kami debut, kami menginginkan melepaskan julukan sebagai seorang grup idola. Tapi setelah sejauh ini sebagai idola grup Super Junior, aku jadi tidak ingin melepaskan julukannya. Malah, aku ingin tetap memiliki julukan ini sampai kita berumur 40-50 tahun dan menjadi bintang penyanyi senior untuk waktu yang lama. Karena kami memiliki 13 orang anggota, jika hanya ada anggota yang tetap berdiri tiap tahunnya, kami bisa sampai 13 tahun. Tapi jika hanya sebagian anggota yang menjadi populer dan bisa berdiri sampai sekarang. Karena kami tercatat sebagai anggota yang memiliki anggota terbanyak ketika kami debut, kami ingin memecahkan rekor tersebut di dunia musik Korea.

▲ Ye Sung: Akan ada kultur yang berbeda. Kasus di Kepang, bintang seperti SMAP dan Arashi, yang sudah debut sejak dulu, tetap memperoleh popularitasnya. Kami ingin dicintai oleh orang-orang seperti grup yang seperti itu untuk waktu yang lama dan untuk pertama kalinya di Korea. Walaupun kita sampai mencapai umur 30-an, kami ingin tetap melanjutkan untuk merilis album dan tampil di berbagai panggung. Bisa dilihat bahwa anggota kami sudah mulai banyak dikenal di berbagai bagian dunia hiburan dan penjualan album kami meningkat, kami mungkin bisa melewati batas sebagai seorang idola grup sedikit demi sedikit sampa meraih tujuan kami di masa mendatang.

▲ Hee Chul : Kami ingin buat  “Super Junior Show,” dimana ini akan memudahkan kami untuk berkomunikasi dengan orang-orang, seperti program  “SMAPxSMAP,” dimana SMAP ini berada di Jepang.

[I] : Shin Dong menjadi hot topik sekarang ini, dia melamar pacarnya menggunakan kode album jacket of the fourth album.

▲ Shin Dong: Aku sangat terkejut bahwa para fans bisa dengan mudah memecahkan kode tersebut. Aku salah karena aku seharusnya tidak memasukkan pesan pribadi di sebuah album yang dimana sebenarnya itu untuk fans kami. Aku sangat menyesal kepada member yang lainnya dan para fans kami.

▲ Hee Chul: Aku minta maaf untuk para fans kami, tapi aku rasa dia sangat pemberani bagi seorang pria. Tapi, sebenarnya itu adalah pesan yang mengejutkan untukku. Aku bahkan tidak tahu bahwa pesannya akan sangat begitu kuat seperti itu. [Menikahlah denganku, aku melamarmu.]

[I] : Bagaimana kalian mengevaluasi akting Choi Siwon, yang baru saja menyelesaikan syuting drama “Oh! My Lady”-nya?

▲ Lee Teuk: Aktingnya, especially his facial expressions, were much better than when he appeared in the movie “Battle of Wits.”  Dia menunjukkan tampang yang ceria yang biasa dia tunjukkan kepada kita. Ketika aku melihat aktingnya ketika dia sedang mabuk dan menciumnya wanitanya di drama tersebut ketika dia membuka pintu lemari esnya, dia terlihat sangat greasy disitu.

Source: KBS GLOBAL | INDO TRANS FROM : Dateforsuju

ps : panjang lagi niiii artikelnyaaaaaa…tolong ya dibantu, tolong ya…kreditnya…makasih.

tetep terharu dengan Heechul!! apalgi ama Eunhyuk =)

About ♬surethingdo』

this is me and my future husband will show you the best for this blog..ENJOY ^^

3 responses »

  1. faloveshae says:

    Judul lagu album ke-4 kalian adalah “Bonamama” sepertinya hampir sama dengan lagu hit kalian yang sebelumnya “Sorry, Sorry.” AHAHAHAHAHHAHAAHA, BONAMAMA! *jadi inget teuki*

  2. lovelyKpop says:

    yah…
    q menyukai musik superjunior…
    terus pribadinya….rame…..kekompakan…lucu…n gokilnya juga
    super deh….
    mudah2 impiannya terkabul 20 tahun kedepan masih mendengar karya super junior yang makin matang..
    tetap 13 sampai akhir…

  3. yup yup! smoga sampe mrk jd kakek2 msh tetep eksis…
    tapi gak kebayang gimana nanti mrk udah jd kakek2 msh ngedance gitu… haha…
    hwaiting oppa!!

Leave a Reply

